Langsung ke konten utama

SELUK BELUK DAN MEKANISME PASAR MODAL


SELUK BELUK DAN MEKANISME PASAR MODAL

A.      PASAR MODAL DI INDONESIA

Menurut UU no. 8 tahun 1995 tentang pasar modal menyatakan bahwa pasar modal sebagaikegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan public yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Pernyataan ini menyiratkan bahwa pasar modal di Indonesia dibentuk untuk menghubngkan investor  dengan perusahaan. Investor merupakan pihak yang mempunyai kelebihan dana sedangkan perusahaan memerlukan dana untuk membiayai proyeknya.

Komponen dalam struktur pasar modal Indonesia :
a.       Badan pengawas Pasar Modan dan Lembaga Keuangan ( Bapepam- LK ) mempunyai tugas membina, mengatur, dan mengawasi kegiatan pasar modal sehari- hari serta merumuskan dan melaksanakan kebijaka serta standarisasi teknis di bidang lembaga keuangan. Bapepam-LK mempunyai fungsi sbb :
-          Penyusunan dan penegakan peraturan di bidang pasar modal
-          Pembinaan dan pengawasan terhadap pihak yang memperoleh izin usaha, persetujuan, pendaftaran dari pihak lain dalam pasar modal
-          Penetapa prinsip ketrbukaan perusahaan bagi emiten dan perusahaan public
-          Penetapan ketentuan akuntansi di bisang paar modal
-          Penyiapan perumusan kebijakan dan pelaksanaan kebijakan di lembaga keuangan
-          Perumusan standar, norma, pedoman kriteria dan prosedur di bidang LK
-          Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang LK
-          Pelaksanaan tata usaha badan
b.      Emiten adalah sebutan bagi perusahaan yang menerbitkan saham atau obligasi dan pembelinya adalah masyarakat.
-          Emiten saham menjual saham melalui penawaran umum melaui penawaran umu  perdana kepada investor public, penawaran pada pemegang saham yang ada, maupun penawaran berikutnya.
-          Emiten obligasi menjual obligasi melalui penawaran umum baik IPO maupun penawaran obligasi selanjutnya
Selanjutnya saham atau obligasi tersebut dicatatkan di Bursa efek.

c.       Bursa efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan system dan sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beliefek pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek antara mereka. Ada 2 bursa efek yang ada di Indonesia yaitu Bursa Efek Jakarta ( BEJ ) dan Bursa Efek Surabaya ( BES ).
d.      Self Regulatory organization adalah organisasi yang mempuyai kewenangan untuk membuat peraturan yang berhubungan dengn kegiatan usahanya. SRo terdiri dari 3 pihak yaitu bursa Efek ( BEI ), Lembaga kliring dan Penjamin ( LKP ) dan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian ( LPP ).
-          Lembaga Kliring dan Penjamin ( LKP ) adalah pihak yang menyelenggarakan jasa kliring dan penjaminan transaksi bursa adar terlakana  dengan teratur, wajar, dan efisien.
-          Lembaga penyimpanan dan Penyelesaian ( LPP ) adalah pihak yang menyelenggarakan kegiatan custodian sentral bagi bank custodian perusahaan efek dan pihak lain.
e.      Perusahaan Efek adalah perusahaan yang memiliki satu atau gabungan 3 kegiatan berikut ini :
-          Penjamin emisi efek adalah perusahaan yang melakukan kontrak dengan emiten untuk melaksanakan penawaran umum   dengan atau tanpa kewajiban membeli sisa efek yang terjual.
-          Perantara perdagangan efek atau perusahaan pialang adalah  aktivitas perusahaanya melakukan kegiatan usaha jual beli efek untuk kepentingan sendiri atau pihak lain.
-          Manajer investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofio untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah.
f.        Lembaga penunjang pasar modal adalah lembga yang menyediakan kegiatan yang membantu pasar modal yaitu :
-          Biro administrasi efek adalah pihak yang berdasarkan kontrak dengan emiten melaksanakan pencatatan pemilikan efek dan pembagian hak yang berkaitan dengan efek
-          Custodian adalah pihak yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lain yang berkaitan dengan efek serta jasa lain menerima deviden bunga dan hak lainnya.
-          Wali amanat adalah pihak yang mewakili kepeningan pemegang efek bersifat uang.
-          Penasihat Investasi adalah pihak yang memberi nasihat pada pihak lain mengenai penjuala atau pembelian efek.
-          Pemeringkat efek adalah lembaga yang dapat menjabatani kesenjangan informasi antara emiten dan investor dengan menyediakan info standar atas tingkat risiko kredit.
g.       Profesi penunjang pasar Modal mempunyai tanggung jawab dalam membantu emiten dalam proses emisinya.
-          Akuntan public membantu emiten dalam menyusun prospectus dan laporan tahunan sehingga memenuhi ketentuan Bapepam dan bursa efek
-          Notaris berperan ketika emiten, perusahaan sekuritas dan pihak lainya menyusun anggaran dasar dan kontrak kegiatan
-          Konsultan hokum membantu melakukan kegiatan agar sesuai dan tidak melanggar hokum
-          Perusahaan penilai berperan dalam penentuan nilai wjara atas suatu aktiva perusahaan dalam proses emisi.
h.      Investor adalah pihak yang menginvestasikan dananya pada sekuritas yang dibedakan dalam investor perseorangan yaitu mewakili dirinya sendiri dan dari berbagai profesi seperti karyawan, pengusaha, dll sedangkan  investor institutional adalah seperti asuransi, reksa dana, dana pension, dsb.


B.      MEKANISME PERDAGANGAN

1.       Mekanisme perdagangan di pasar perdana
                Dipasar perdana saham perrtama kalinya ditawarkan pada investor public. Selanjutnyaemiten juga melakukan penawaran umum lagi dan menawarkan saham baru yang menambah jumlah saham. Sebelum memutuskan investasinya, investor dapat memulai dngan mempelajari prospectus  terlebih dahulu. Tata cara pemesanan saham atau obligasi seperti : harga penawaran, jumlah saham yang ditawarkan, masa penawaran, dan info lain yang penting dalam prospectus dan dipublikasikan di surat kabar. Investor yang berminat dapat menghubungi penjamin emisi lalu kemudian melakukan pemesanan dan melakukan pembayaran. Lalu penjamin emisi mengumumkan hasil penawaran umum tsb.
2.       Mekanisme perdagangan di pasar sekunder
                Proses perdagangan di pasar sekunder diawali dengan pesanan untuk harga trtentu. Pesanan disampaikan baik secara tertulis atau telepon dan disampaikan melaui dealer ke perusahaan efek. Pesanan tersebut harus menyebutkan jumlah yang akan dibeli  atau dijualdan harga yang diinginkan.lalu pesanan diteliti oleh perusahaan sekuritas baru disampaikan oleh pialang ke lantai bursa. Pesanan jual-beli antar investor akan bertemu dilantai bursa dan akan terjadi transaksi antara keduanya.

Hubungan investor dengan pialang ( broker )
                Cara untuk berinvestasi adalah calon investor membuka rekening pada suatu perantara pedagan efek ( pialang atau broker )dan akan menandatangani perjanjian berisi hak dan kewajiban calon investor dan perusahaan efek. Kemudian calon investor memberikan uang tunau dan perintah bagaimana uang tersebut diinvestasikan. Pialang dibedakan dalam 3 kelompok yaitu:
a.       Full service broker yang menyediakan saran investasi dan stategi yang tepat bahkan bisa mengelola rekekning jika diinginkan.
b.      Deep discount brokers menyediakan layanan pemeliharaan rekening dan eksekusi pesanan membeli atau menjual.
c.       Discount brokers menyediakan layanan  diantara kedua kelompok diatas dan menawrkan bimbingan investasi yang lebihbanyak.

Margin
Dengan menggunakan margin account investor dapat membeli sekuritas secara kredit dengan meminjam uang dari pialangnya. Pembelian sekuritas ini disebut pembelian margin.

Short sales
Adalah penjuakan yang sebenarnya tidak memiliki sekuritas yang dijualnya. Setelah short sales investor dapat dikatakan mempunyai short posision dalam sekuritas tersebut. Investor melakukan shortsales dengan cara meminjam saham dari pialangya kemudian menjualnya. Lalu investo akan membeli saham dalam jumlah lembar yang sama untuk mengembalikannya.

Indeks pasar saham
Indeks pasar saham adalah informasi mengenai kinerja pasar saham yang diringkas pada suatu indeks yang merupakan indicator yang mencerminkan kinerja saham saham di pasar.
a.       Indeks harga saham gabungan ( IHSG ) menggunakan seluruh saham tercatat sebagai kompinen penghituan indeks. Masing masing pasar modal mempunyai  indeks yang dibentk berdasarkan saham  yang dipakai sebagai dasar dalam penghitugan indeks harga.
b.      Indeks LQ45 terdiri dari 45 sahan BEI dengan likuiditas yang tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar serta lolos seleksi menurut bberapa kriteria pemilihan. Kriterianya :
-          Masuk dalam urutan 60 terbesar daari transaksi saham di pasar regular
-          Urutan berdasarkan kapitalisasi pasar
-          Tercaatat di BEI paling sedikit 3 bulan
-          Kondisi keuangan dan prospek perusahaan, frekuensi dan jumlah hari transaksi di pasar reguer.
c.       Indeks harga saham lainnya yang meliputi :
-          Indeks kompas 100
-          Indeks sektoral
-          Jakarta ilamic indeks
-          Indeks papan utama dan indeks papan pengembangan
d.      Perhitungan indeks harga saham dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang dari nilai pasar.nilai pasar atau kapitalisasi digunakan unttuk suatu saham dihitung sebagai perkalian antara jumlah lembar saham dengan harga penutupan pasar. (Tandelilin : 2010 )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Survey Usaha

BAB I PENDAHULUAN A.    Latar belakang Semakin maraknya tempat wisata yang ada di daerah Jogjakarta dan sekitarnya menjadikan kesempatan  usaha yang sangat baik bagi para wirausaha yang bergerak dalam bidang makanan terutama makanan khas. Makanan khas adalah salah satu barang yang sangat diminati oleh para wisatawan karena merupakan makanan yang hanya ada di daerah tersebut dan belum afdol jika bnelum pernah memcicipi makanan khas daerah yang kita kunjungi. Salah satu makanan khas dari salah satu kabupaten Gunugnkidul adalah tiwul ayu dan gatot yang terbuat dari ketela yang telah dikeringkan atau disebut gaplek. Tiwul dan gatot adalah merupakan makanan khas jaman dahulu sebagai pengganti nasi bagi mereka yang tidak mampu untuk membeli beras. Dengan adanya pergantian jaman menjadi jaman modern tiwul dan gatot kini beralih fungsi menjafi makanan camilan atau makanan untuk menjamu tamu. Salah satu pengusaha tiwul dan gaot yang ada di daerah Gunungkidul adalah Yu Tumirah atau b

PENGERTIAN DAN INSTRUMEN PASAR MODAL

PENGERTIAN DAN INSTRUMEN PASAR MODAL PENGERTIAN PASAR MODAL Pasar modal adalah pertemuan antara pihak yang  kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana dengan cara memprjualbelikan sekuritas yang  umumnya memiliki umur lebih dari satu tahun seperti saham dan obligasi dimana tempat terjadinya jual beli sekuritas disebut bursa efek. Pasar modal  berfungsi sebagai lembaga perantara yang munjukkan peran penting pasar modal dalam menunjang perekonomian karena pasar modal dapat menghubungkan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang kelebihan dana. Selain itu pasar modal dapat mendorong terciptanya alokasi dana yang efisien karena dengan adanya pasar modal maka pihak yang kelebihan dana dapat memilih alternative investasi yang memberikan return paling optimal (Tandelilin:2010) Dana yang didapatkan perusahaan dari penjualan sekuritas adalah hasil perdagangan saham perusahaan ng (IPO) atau penawaran umum perdana. Biasanya perusahaan menyerahkan permasalahan yang berhubun

Contoh Proposal Mini Produk Bank Syariah

PRODUK PERBANKAN SYARIAH DI BIDANG PENGHIMPUNAN DANA DARI MASYARAKAT ( FUNDING ) 1.1        Latar Belakang Masalah Bank syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang menjalankan kegiatannya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Aktivitas bisnis dengan perbankan syariah dapat dilakukan dari dua sisi, sisi pertama yaitu penyimpanan dana dan di sisi lain adalah penggunaan dana. Untuk menyimpan dana di perbankan syariah ada dua konsep yang dapat digunakan. Pertama konsep titipan, kedua konsep investasi. Dalam sistem perbankan konvensional kegiatan penghimpunan dana dari masyarakat dilakukan melalui mekanisme giro (demand deposit), tabungan (saving deposit), dan deposito (time deposit). Tujuan utama masyarakat menyimpan menyimpan uang di bank adalah keamanan atas uang,investasi dengan memperoleh bunga,serta untuk memudahkan melakukan transaksi pembayaran. Dalam perbankan syariah juga dikenal produk-produk berupa giro (demand deposit), tabungan (saving deposit), deposit