Langsung ke konten utama

Laporan Survey Usaha


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang
Semakin maraknya tempat wisata yang ada di daerah Jogjakarta dan sekitarnya menjadikan kesempatan  usaha yang sangat baik bagi para wirausaha yang bergerak dalam bidang makanan terutama makanan khas. Makanan khas adalah salah satu barang yang sangat diminati oleh para wisatawan karena merupakan makanan yang hanya ada di daerah tersebut dan belum afdol jika bnelum pernah memcicipi makanan khas daerah yang kita kunjungi.
Salah satu makanan khas dari salah satu kabupaten Gunugnkidul adalah tiwul ayu dan gatot yang terbuat dari ketela yang telah dikeringkan atau disebut gaplek. Tiwul dan gatot adalah merupakan makanan khas jaman dahulu sebagai pengganti nasi bagi mereka yang tidak mampu untuk membeli beras. Dengan adanya pergantian jaman menjadi jaman modern tiwul dan gatot kini beralih fungsi menjafi makanan camilan atau makanan untuk menjamu tamu. Salah satu pengusaha tiwul dan gaot yang ada di daerah Gunungkidul adalah Yu Tumirah atau biasa disebut dengan Yu Tum seorang wanita yang melestarikan makanan yang berasal dari gaplek yang menyulap menjadi makanan yang empuk dan manis menjadi tiwul ayu dan gatot.
Yu Tum membuka toko atau kiosnya di jalan Pramuka No 13 Wonosari yang dulunya hanya di kios yang berasal dari anyaman bambu yang sederhana. Setelah bebrapa tahun usaha ini dia jalani sekarang toko/ kiosnya sudah bagus dengan gazebo yang terdapat pada lantai atas kiosnya yang disediakan untuk menikmati tiwul dan gatot.

B.   Rumusan Masalah

1.    Siapa yang menjadi sasaran pasar Yu Tum dalam memasarkan produk Tiwul Ayu dan Gatot?
2.    Bagaimana perusahaan berinovasi terhadap produk Tiwul Ayu dan Gatot ?
3.    Bagaimana perusahaan menetapkan harga terhadap produk Tiwul Ayu dan Gatot?
4.    Bagaimana perusahaan mempromosikan produk Tiwul Ayu dan Gatot agar laku di pasar sasaran ?
5.    Bagaimana proses pendistribusian produk Tiwul Ayu dan Gatot agar dapat mencapai  pasar sasaran ?
6.    Bagaimana perusahaan melakukan pembagian kerja terhadap karyawan dalam memasarkan produk Tiwul Ayu dan Gatot?



C.   Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah pemasaran ini adalah agar kita tahu bagaimana teknik dan strategi pemasaran, bagaimana menetapkan harga pada produk, cara distribusi dan strategi promosi yang dilakukan oleh para pengusaha ataupun wirausaha untuk memenuhi pangsa pasar.


D.   Manfaat Penelitian

Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan untuk meninjau kembali apa yang harus dilakukan dalam mengambil kebijakan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan kepuasan konsumen terhadap Tiwul Ayu dan Gatot  Yu Tum.
Peneliti dapat mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan terutama mengenai  produk Tiwul Ayu dan Gatot Yu Tum sehingga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan teori yang telah diperoleh dengan keadaan yang sebenarnya terjadi dilapangan selain itu untuk bekal bagi mahasiswa dalam dunia kerja.    


 BAB II

PASAR  (calon pembeli )
Dalam usaha makanan khas ini,  pasar ( calon pembeli) adalah seluruh masyarakat sekitar serta wisatawan asing , luar daerah maupun lokal yang suka ataupun ingin mencicipi bagaimana rasa makanan khas daerah Gunungkidul  terutama tiwul ayu dan gatot. Negara asing seperti  Singapura dan Malaysia pun pernah mencicipi makanan tiwul ayu dan gatot ini pada saat pameran kuliner yang diselenggarakan di Jakarta dengan respon yang sangat baik.
PASAR SASARAN
Pasar sasaran yang dibidik dalam usaha ini adalah bagi mereka yang suka akan produk ini dari semua kalangan baik kalangan bawah,  menengah dan atas  karena harga yang cukup murah dengan rasa yang nikmat dan dapat dijangkau oleh siapa saja. Laki-laki dan perempuan, tak terkecuali anak-anak, muda bahkan mereka yang sudah tua pun bisa menyantap makanan khas dari Gunungkidul ini karena tiwul dan gatot adalah makanan yang empuk dengan rasa yang manis.
PERILAKU KONSUMEN
          Para konsumen biasanya lebih tertarik pada produk yang dijual di tempat yang bersih dan mudah dijangkau oleh konsumen tentunya. Para konsumen biasanya membeli makanan ini untuk camilan, konsumsi sendiri,  ataupun bisa juga untuk jamuan berbagai acara seperti rapat, pertemuan ataupun acara lain.Bagi para pemudik yang merantau ke luar daerah biasanya membeli tiwul ayu dan gatot ini dengan sengaja atau telah direncanakan terlebih dahulu untuk oleh-oleh karena makanan ini cukup tahan lama bisa hingga 2-3 hari dengan suhu yang tidak terlalu panas. Sedangkan  wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta khususnya gunungkidul yang belum pernah membeli,  mereka mendapatkan sugesti dari para rekan untuk mencicipi makanan khas ini.
          Para konsumen akan kembali datang lagi untuk membeli tiwul dan gatot tersebut karena mereka merasa puas dengan kualitas rasa dan pelayanannya yang bagus. Tidak sedikit pula banyak yang telah menjadi langganan dan banyak pula pesanan yang diterima oleh perusahaan makanan ini.

BAB III
PRODUK
PRODUK UTAMA
          Produk utama yang dihasilkan oleh usaha ini adalah tiwul dan gatot yang dibuat dari bahan baku utama yaitu singkong yang dikeringkan atau biasa disebut dengan gaplek. Cara membuat tiwul ayu ini sangatlah mudah yaitu gaplek yang telah kering lalu ditumbuk halus sehingga menghasilkan tepung singkong, tepung ini lalu dibuat adonan dengan menggunakan air, lalu diberi gula jawa sebagai rasa khas tiwul ayu dan dikukus hingga matang.
          Sedangkan cara membuat gatot juga cukup mudah yaitu gaplek dipotong-potong hingga seukuran sedang lalu diberi gula jawa dan dimasak hingga matang. Tiwul ayu dan gatot ini biasanya disajikan dengan kelapa yang diparut untuk teman makan agar rasanya gurih.
VARIASI PRODUK
          Selain tiwul ayu dan gatot, usaha ini juga memberikan variasi produk yaitu tiwul dan gatot kering yang dapat dimasak kapan saja sesuai dengan selera. Variasi produk ini dibuat dengan mengeringkan adinan tiwul dan gatot saja dan dikemas dengan kemasan plastik dengan cara-cara bagaimana cara membuatnya. Variasi produk ini memungkinkan untuk oleh-oleh di daerah yang lumayan cukup jauh dengan perjalanan yang lebih dari 2-3 hari karena apabila membeli yang sudah matang maka ketahananya sangat sebentar.
  
BAB IV
PENETAPAN HARGA PRODUK USAHA

Penetapan harga produk usaha ini adalah dengan metode harga diatas harga pesaing  lainnya karena kualitas rasanya yang lebih enak daripada produk yang dijual dipasar dan lebih terjamin mutu kebersihan sehingga lebih diminati masyarakat.
Harga jual produk ini dihitung dengan cara = harga beli bahan baku + laba yang diinginkan
Misalnya : 
Bahan baku                                                                             harga
-       Gaplek 50kg                                                              Rp   65.000
-       Gula jawa 50kg                                                         Rp 400.000
-       Kelapa 50 butir                                                          Rp 150.000
Biaya bahan baku utama                                          Rp 615.000

Laba yang diinginkan 10% = Rp 615.000 x 10% =               Rp 61.500

Jadi harga jual produksi tersebut adalah Rp 615.000 + Rp 61.500 = Rp 676.500
 Setiap produksi tersebut dapat menjadi 60 bungkus berharga  Rp 12.000 dengan ukuran sedang dan ukuran kecik Rp 6.000 per besek/porsi.


BAB V
PROMOSI PRODUK

Usaha ini telah lama berdiri sekitar 10 tahun yang lalu. Pada masa pengenalan produk ini atau pada tahap pertumbuhan promosi yang dilakukan adalah dengan strategi tatap muka langsung yaitu dengan memperkenalkan produknya pada teman dekat ataupun keluarga. Lalu setelah itu dari mulut ke mulut usaha ini berkembang lalu melakukan strategi iklan dengan memasang reklame atau papan nama pada toko.
Karena promosi telah berhasil dan usaha semakin berkembang, tiwul ayu dan gatot ini semakin banyak dikenal luas oleh masyarakat karena promosi dengan media elektronik yaitu internet yang memudahkan orang untuk mencari informasi mangenai produk makanan khas ini.

BAB VI
SISTEM DISTRIBUSI

Sistem distribusi yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah dengan menggunakan distribusi salurang langsung dari produsen kepada konsumen.

konsumen
 
produsen
 
                                                                                       


Proses produksi langsung berada di dapur kios sang pemilik jadi konsumen langsung bisa datang ke toko dan langsung bisa membeli atuapun menikmati tiwul dan gatot ini di tempat yang telah disediakan. Tiwul dan gatot ini tidak didistribusikan ke toko-toko yang menyediakan oleh-oleh maupun ke penjual lainnya, usaha ini hanya terpusat pada satu toko saja sehingga keaslian produknya tetap terjaga kualitasnya karena hanya terpusat pada satu tempat saja.




BAB VII
ORGANISASI USAHA DAN PEMBAGIAN KERJANYA

Organisasi pada usaha ini sangat terorganisir. Pemilik sebagai manajer yang mengatur jalannya usahanya. Pemilik hanya mengawasi jalannya proses produksi yang berlangsung. Bagian produksi ditangani oleh karyawan yang sudah terlatih dalam pembuatan makanan ini. Proses produksi dilakukan oleh 4 orang  karyawan di dapur yang sederhana. Mereka mengolah bahan mentah tiwul ayu dan gataot hingga menghasilkan output produksi yang enak. Untuk bagian pelayanan dkonsumen ada 3  karyawan yang bertugas melayani dari pelayanan pesanan, penyajian, hingga pembungkusan produk dan juga bagian pembayaran atau kasir. Karena adanya orgasisasi ataupun pembagian kerja ini manajemen dapat terorganisir dengan baik dan dapat memberikan pelayanan yang prima bagi konsumen sehingga konsumen merasa puas.


Bagian pembayaran/kasir
 
Bagian pemesanan
 
Bagian penyajian
 
Bagian pelayanan konsumen
 
Pemilik


 
Bagian proses produksi
 
                                                          Struktur pembagian kerja

























BAB VIII
KESIMPULAN

Usaha  tiwul ayu dan gatot ini merupakan usaha yang memproduksi makanan dan termasuk dalam usaha barang konsumsi yaitu barang yang dibeli dan atau dipakai oleh konsumen akhir. Secara teori analisis ketepatan yang ditinjau dari segemntasi pasarnya tepat yaitu segmentasi secara demografis yaitu membagi pasar menjadi sejumlah kelompok berdasarkan variable kemanusiaan seprti usia,jenis kelamin dan pendapatan, dalam usaha ini produk dapat dikonsums olehi laki-laki dan perempuan  anak-anak, muda bahkan mereka yang sudah tua pun bisa menyantap serta dapat dijangkau oleh semua kalangan yang bepenghasilan rendah sampai yang berpenghasilan tinggi. Secara geografis usaha ini diproduksi di daerah gunungkidul tepatnya di jalan pramuka no 13 Wonosari.
Variasi produk yang  menarik dengan menghasilkan tiwul dan gatot kering untuk memenuhi permintaan pasar agar dapat dibawa ke luar kota dan disaimpan dengan jangka waktu yang cukup lama.Kemasan produk tiwul dan gatot ini sesuai dengan teori yaitu mempunyai tingkatanyaitu kemasan primer dengan daun pisang sebagai kemasan untuk membungkus produk langsung, kemasan sekunder yaitu dengan menggunakan besek dan kemasan pengiriman dengan meggunakan plastik kresek. Dari segi penetapan harga juga sesuai dengan teori yaitu dengan menggunakan metode diatas harga pesaing karena kualitas dan mutunya diatas produk yang ada di pasaran.Strategi  promosi  juga tepat,yang dilakukan pada saat perkenalan produk dengan menggunakan strategi tatap muka langsung atau personal selling, dan pada saat pertumbuhan hingga sekarang dengan menggunakan media iklan dengan reklame dan internet untuk promosi yang lebih luas. Sistem distribusi yang dilakukan juga tepat dengan menggunakan sistem distribusi langsung  yaitu dari produsen langsung kepada konsumen. Dari segi organisasi dan pembagiannya juga tepat karena  pekerjaan terbagi dan terstuktur sehingga layanan menjadi primas sehingga dapat memuaskan para konsumen ataupun pelanggan.


BAB IX
SARAN DAN SOLUSI
Saran dans solusi yang dapat diberikan bagi perusahaan makanan khas tiwul ayu dan gatot ini adalah tambahan lebih untuk membuka cabang baru agar dapat memudahkan dalam pelayanan jika konsumen membludak agar antrian tidak terlalu panjang dan memudahkan  para konsumen jika ingin menikmati makanan ini tidak perlu bersusah payah karena tempat yang jauh.
Lebih menata marketingnya karena semakin banyaknya usaha yang bergerak dalam bidang makanan khas sehingga tidak tergeser oleh usaha yang sama dengan nama yang lain. Selain itu memberikan variasi produk yang lebih inovativ lagi agar konsumen tidak merasa bosan akan produk dengan rasa yang sama. Solusinya adalah menambah variasi rasa pada produk olahan gaplek ini.


DAFTAR PUSTAKA

Kotler,Philip & Keller, Kevin Lane.2009.Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta.Erlangga

Kotler,Philip & Keller, Kevin Lane.2009.Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta.Erlangga

Komentar

  1. Halo,
    Perkenalkan, Nama saya Wenny
    Saya adalah development dari ForexMart, Kami melihat website anda dan kami ingin mendiskusikan kerjasama kemitraan dengan Anda. 
    Boleh saya minta kontaknya untuk menjelaskan lebih lanjut atau anda bisa langsung menghubungi saya ke wenny@forexmart.com, terimakasih

    BalasHapus
  2. Salam ..... Harap Anda semua harus membaca apa yang saya katakan ....
    Biarkan saya perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota Bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Yogyakarta.

    Keinginan saya dan impian tertinggi saya adalah ingin memiliki bisnis atau toko sendiri, tetapi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda, mungkin butuh waktu yang sangat lama di mana biaya sewa dan anak-anak yang telah terakumulasi hanya akan lebih sulit dan jeritan panjang tidak akan terwujud
    Saya mencoba "membuka internet dan saya melihat tulisan orang-orang sukses yang dibantu oleh seorang ulama dari sana saya mencoba untuk menghubunginya, pada awalnya saya terus mengirim sms sampai saya mendapat balasan dari perusahaan yang merupakan awal kesuksesan saya. Jika Anda ingintoget cara mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT DLL. melalui bantuan dalam menarik lebih banyak dana oleh ulama di kepala sekolah asrama shohibul Qur'an, dan akhirnya saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar utang, terima kasih Tuhan kepada Tuhan yang maha kuasa melalui bantuannya. Sekarang saya membuka usaha distribusi di Bandung.
    Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Irlina Tuty Sartika untuk merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.
    Hubungi ibu yang baik REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Silakan untuk penjelasan lebih rinci. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662
    Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com.

    Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan pinjaman yang sah ini Mrs. irlinatutysartika15@gmail.com
    Anda tidak perlu ragu atau tertipu dan dikejar-kejar oleh hutang lagi, sekarang saya membagikan pengalaman yang saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN DAN INSTRUMEN PASAR MODAL

PENGERTIAN DAN INSTRUMEN PASAR MODAL PENGERTIAN PASAR MODAL Pasar modal adalah pertemuan antara pihak yang  kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana dengan cara memprjualbelikan sekuritas yang  umumnya memiliki umur lebih dari satu tahun seperti saham dan obligasi dimana tempat terjadinya jual beli sekuritas disebut bursa efek. Pasar modal  berfungsi sebagai lembaga perantara yang munjukkan peran penting pasar modal dalam menunjang perekonomian karena pasar modal dapat menghubungkan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang kelebihan dana. Selain itu pasar modal dapat mendorong terciptanya alokasi dana yang efisien karena dengan adanya pasar modal maka pihak yang kelebihan dana dapat memilih alternative investasi yang memberikan return paling optimal (Tandelilin:2010) Dana yang didapatkan perusahaan dari penjualan sekuritas adalah hasil perdagangan saham perusahaan ng (IPO) atau penawaran umum perdana. Biasanya perusahaan menyerahkan permasalahan yang berhubun

Contoh Proposal Mini Produk Bank Syariah

PRODUK PERBANKAN SYARIAH DI BIDANG PENGHIMPUNAN DANA DARI MASYARAKAT ( FUNDING ) 1.1        Latar Belakang Masalah Bank syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang menjalankan kegiatannya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Aktivitas bisnis dengan perbankan syariah dapat dilakukan dari dua sisi, sisi pertama yaitu penyimpanan dana dan di sisi lain adalah penggunaan dana. Untuk menyimpan dana di perbankan syariah ada dua konsep yang dapat digunakan. Pertama konsep titipan, kedua konsep investasi. Dalam sistem perbankan konvensional kegiatan penghimpunan dana dari masyarakat dilakukan melalui mekanisme giro (demand deposit), tabungan (saving deposit), dan deposito (time deposit). Tujuan utama masyarakat menyimpan menyimpan uang di bank adalah keamanan atas uang,investasi dengan memperoleh bunga,serta untuk memudahkan melakukan transaksi pembayaran. Dalam perbankan syariah juga dikenal produk-produk berupa giro (demand deposit), tabungan (saving deposit), deposit