BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Semakin maraknya tempat wisata yang
ada di daerah Jogjakarta dan sekitarnya menjadikan kesempatan usaha yang sangat baik bagi para wirausaha
yang bergerak dalam bidang makanan terutama makanan khas. Makanan khas adalah salah
satu barang yang sangat diminati oleh para wisatawan karena merupakan makanan
yang hanya ada di daerah tersebut dan belum afdol jika bnelum pernah memcicipi
makanan khas daerah yang kita kunjungi.
Salah satu makanan khas dari salah
satu kabupaten Gunugnkidul adalah tiwul ayu dan gatot yang terbuat dari ketela
yang telah dikeringkan atau disebut gaplek. Tiwul dan gatot adalah merupakan
makanan khas jaman dahulu sebagai pengganti nasi bagi mereka yang tidak mampu
untuk membeli beras. Dengan adanya pergantian jaman menjadi jaman modern tiwul
dan gatot kini beralih fungsi menjafi makanan camilan atau makanan untuk
menjamu tamu. Salah satu pengusaha tiwul dan gaot yang ada di daerah
Gunungkidul adalah Yu Tumirah atau biasa disebut dengan Yu Tum seorang wanita
yang melestarikan makanan yang berasal dari gaplek yang menyulap menjadi
makanan yang empuk dan manis menjadi tiwul ayu dan gatot.
Yu Tum membuka toko atau kiosnya di
jalan Pramuka No 13 Wonosari yang dulunya hanya di kios yang berasal dari
anyaman bambu yang sederhana. Setelah bebrapa tahun usaha ini dia jalani
sekarang toko/ kiosnya sudah bagus dengan gazebo yang terdapat pada lantai atas
kiosnya yang disediakan untuk menikmati tiwul dan gatot.
B. Rumusan Masalah
1.
Siapa
yang menjadi sasaran pasar Yu Tum
dalam memasarkan produk Tiwul Ayu dan Gatot?
2.
Bagaimana perusahaan berinovasi terhadap produk Tiwul Ayu dan Gatot ?
3.
Bagaimana perusahaan menetapkan harga terhadap
produk Tiwul Ayu dan Gatot?
4.
Bagaimana perusahaan mempromosikan produk Tiwul Ayu dan
Gatot agar laku di pasar sasaran ?
5.
Bagaimana proses pendistribusian produk Tiwul Ayu dan
Gatot agar dapat mencapai
pasar sasaran ?
6.
Bagaimana perusahaan melakukan pembagian kerja
terhadap karyawan dalam memasarkan produk Tiwul Ayu dan Gatot?
C. Tujuan
Tujuan
dari pembuatan makalah pemasaran ini adalah agar kita tahu bagaimana teknik dan
strategi pemasaran,
bagaimana menetapkan harga pada produk, cara distribusi dan strategi promosi
yang dilakukan oleh para pengusaha ataupun wirausaha untuk memenuhi pangsa
pasar.
D. Manfaat Penelitian
Hasil
penelitian diharapkan dapat digunakan untuk meninjau kembali apa yang harus
dilakukan dalam mengambil kebijakan dalam pemecahan masalah yang berkaitan
dengan kepuasan konsumen terhadap Tiwul Ayu dan Gatot Yu Tum.
Peneliti
dapat mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan terutama
mengenai produk Tiwul Ayu dan
Gatot Yu Tum sehingga
dapat digunakan sebagai bahan perbandingan teori yang telah diperoleh dengan
keadaan yang sebenarnya terjadi dilapangan selain itu untuk bekal bagi mahasiswa
dalam dunia kerja.
BAB II
PASAR (calon pembeli )
Dalam usaha
makanan khas ini, pasar ( calon pembeli)
adalah seluruh masyarakat sekitar serta wisatawan asing , luar daerah maupun
lokal yang suka ataupun ingin mencicipi bagaimana rasa makanan khas daerah
Gunungkidul terutama tiwul ayu dan
gatot. Negara asing seperti Singapura
dan Malaysia pun pernah mencicipi makanan tiwul ayu dan gatot ini pada saat
pameran kuliner yang diselenggarakan di Jakarta dengan respon yang sangat baik.
PASAR
SASARAN
Pasar sasaran yang
dibidik dalam usaha ini adalah bagi mereka yang suka akan produk ini dari semua
kalangan baik kalangan bawah, menengah
dan atas karena harga yang cukup murah
dengan rasa yang nikmat dan dapat dijangkau oleh siapa saja. Laki-laki dan
perempuan, tak terkecuali anak-anak, muda bahkan mereka yang sudah tua pun bisa
menyantap makanan khas dari Gunungkidul ini karena tiwul dan gatot adalah
makanan yang empuk dengan rasa yang manis.
PERILAKU
KONSUMEN
Para konsumen biasanya lebih tertarik
pada produk yang dijual di tempat yang bersih dan mudah dijangkau oleh konsumen
tentunya. Para konsumen biasanya membeli makanan ini untuk camilan, konsumsi
sendiri, ataupun bisa juga untuk jamuan
berbagai acara seperti rapat, pertemuan ataupun acara lain.Bagi para pemudik
yang merantau ke luar daerah biasanya membeli tiwul ayu dan gatot ini dengan
sengaja atau telah direncanakan terlebih dahulu untuk oleh-oleh karena makanan
ini cukup tahan lama bisa hingga 2-3 hari dengan suhu yang tidak terlalu panas.
Sedangkan wisatawan yang berkunjung ke
Jogjakarta khususnya gunungkidul yang belum pernah membeli, mereka mendapatkan sugesti dari para rekan
untuk mencicipi makanan khas ini.
Para konsumen akan kembali datang lagi
untuk membeli tiwul dan gatot tersebut karena mereka merasa puas dengan
kualitas rasa dan pelayanannya yang bagus. Tidak sedikit pula banyak yang telah
menjadi langganan dan banyak pula pesanan yang diterima oleh perusahaan makanan
ini.
BAB III
PRODUK
PRODUK UTAMA
Produk utama yang dihasilkan oleh
usaha ini adalah tiwul dan gatot yang dibuat dari bahan baku utama yaitu
singkong yang dikeringkan atau biasa disebut dengan gaplek. Cara membuat tiwul
ayu ini sangatlah mudah yaitu gaplek yang telah kering lalu ditumbuk halus
sehingga menghasilkan tepung singkong, tepung ini lalu dibuat adonan dengan
menggunakan air, lalu diberi gula jawa sebagai rasa khas tiwul ayu dan dikukus
hingga matang.
Sedangkan cara membuat gatot juga
cukup mudah yaitu gaplek dipotong-potong hingga seukuran sedang lalu diberi
gula jawa dan dimasak hingga matang. Tiwul ayu dan gatot ini biasanya disajikan
dengan kelapa yang diparut untuk teman makan agar rasanya gurih.
VARIASI
PRODUK
Selain tiwul ayu dan gatot, usaha ini
juga memberikan variasi produk yaitu tiwul dan gatot kering yang dapat dimasak
kapan saja sesuai dengan selera. Variasi produk ini dibuat dengan mengeringkan
adinan tiwul dan gatot saja dan dikemas dengan kemasan plastik dengan cara-cara
bagaimana cara membuatnya. Variasi produk ini memungkinkan untuk oleh-oleh di
daerah yang lumayan cukup jauh dengan perjalanan yang lebih dari 2-3 hari
karena apabila membeli yang sudah matang maka ketahananya sangat sebentar.
BAB IV
PENETAPAN HARGA PRODUK USAHA
Penetapan harga produk usaha ini
adalah dengan metode harga diatas harga pesaing
lainnya karena kualitas rasanya yang lebih enak daripada produk yang
dijual dipasar dan lebih terjamin mutu kebersihan sehingga lebih diminati
masyarakat.
Harga
jual produk ini dihitung dengan cara = harga beli bahan baku + laba yang
diinginkan
Misalnya
:
Bahan baku harga
-
Gaplek
50kg Rp 65.000
-
Gula
jawa 50kg Rp
400.000
-
Kelapa
50 butir Rp
150.000
Biaya
bahan baku utama Rp
615.000
Laba yang diinginkan 10% = Rp 615.000
x 10% = Rp 61.500
Jadi harga jual produksi tersebut
adalah Rp 615.000 + Rp 61.500 = Rp 676.500
Setiap produksi tersebut dapat menjadi 60
bungkus berharga Rp 12.000 dengan ukuran
sedang dan ukuran kecik Rp 6.000 per besek/porsi.
BAB
V
PROMOSI
PRODUK
Usaha ini telah lama berdiri sekitar
10 tahun yang lalu. Pada masa pengenalan produk ini atau pada tahap pertumbuhan
promosi yang dilakukan adalah dengan strategi tatap muka langsung yaitu dengan
memperkenalkan produknya pada teman dekat ataupun keluarga. Lalu setelah itu
dari mulut ke mulut usaha ini berkembang lalu melakukan strategi iklan dengan
memasang reklame atau papan nama pada toko.
Karena promosi telah berhasil dan
usaha semakin berkembang, tiwul ayu dan gatot ini semakin banyak dikenal luas
oleh masyarakat karena promosi dengan media elektronik yaitu internet yang
memudahkan orang untuk mencari informasi mangenai produk makanan khas ini.
BAB
VI
SISTEM
DISTRIBUSI
Sistem distribusi yang dilakukan oleh
perusahaan ini adalah dengan menggunakan distribusi salurang langsung dari
produsen kepada konsumen.
|
|
Proses produksi langsung berada di
dapur kios sang pemilik jadi konsumen langsung bisa datang ke toko dan langsung
bisa membeli atuapun menikmati tiwul dan gatot ini di tempat yang telah
disediakan. Tiwul dan gatot ini tidak didistribusikan ke toko-toko yang
menyediakan oleh-oleh maupun ke penjual lainnya, usaha ini hanya terpusat pada
satu toko saja sehingga keaslian produknya tetap terjaga kualitasnya karena
hanya terpusat pada satu tempat saja.
BAB
VII
ORGANISASI
USAHA DAN PEMBAGIAN KERJANYA
Organisasi pada usaha ini sangat
terorganisir. Pemilik sebagai manajer yang mengatur jalannya usahanya. Pemilik
hanya mengawasi jalannya proses produksi yang berlangsung. Bagian produksi
ditangani oleh karyawan yang sudah terlatih dalam pembuatan makanan ini. Proses
produksi dilakukan oleh 4 orang karyawan
di dapur yang sederhana. Mereka mengolah bahan mentah tiwul ayu dan gataot
hingga menghasilkan output produksi yang enak. Untuk bagian pelayanan dkonsumen
ada 3 karyawan yang bertugas melayani
dari pelayanan pesanan, penyajian, hingga pembungkusan produk dan juga bagian
pembayaran atau kasir. Karena adanya orgasisasi ataupun pembagian kerja ini
manajemen dapat terorganisir dengan baik dan dapat memberikan pelayanan yang
prima bagi konsumen sehingga konsumen merasa puas.
|
|
|
|
|
|
BAB
VIII
KESIMPULAN
Usaha
tiwul ayu dan gatot ini merupakan usaha yang memproduksi makanan dan
termasuk dalam usaha barang konsumsi yaitu barang yang dibeli dan atau dipakai
oleh konsumen akhir. Secara teori analisis ketepatan yang ditinjau dari
segemntasi pasarnya tepat yaitu segmentasi secara demografis yaitu membagi pasar
menjadi sejumlah kelompok berdasarkan variable kemanusiaan seprti usia,jenis kelamin dan
pendapatan, dalam usaha ini produk dapat dikonsums olehi laki-laki dan
perempuan anak-anak, muda bahkan mereka
yang sudah tua pun bisa menyantap serta dapat dijangkau oleh semua kalangan
yang bepenghasilan rendah sampai yang berpenghasilan tinggi. Secara geografis
usaha ini diproduksi di daerah gunungkidul tepatnya di jalan pramuka no 13
Wonosari.
Variasi produk yang menarik dengan menghasilkan tiwul dan gatot
kering untuk memenuhi permintaan pasar agar dapat dibawa ke luar kota dan
disaimpan dengan jangka waktu yang cukup lama.Kemasan produk tiwul dan gatot
ini sesuai dengan teori yaitu mempunyai tingkatanyaitu kemasan primer dengan
daun pisang sebagai kemasan untuk membungkus produk langsung, kemasan sekunder
yaitu dengan menggunakan besek dan kemasan pengiriman dengan meggunakan plastik
kresek. Dari segi penetapan harga juga sesuai dengan teori yaitu dengan menggunakan
metode diatas harga pesaing karena kualitas dan mutunya diatas produk yang ada
di pasaran.Strategi promosi juga tepat,yang dilakukan pada saat
perkenalan produk dengan menggunakan strategi tatap muka langsung atau personal
selling, dan pada saat pertumbuhan hingga sekarang dengan menggunakan media
iklan dengan reklame dan internet untuk promosi yang lebih luas. Sistem
distribusi yang dilakukan juga tepat dengan menggunakan sistem distribusi
langsung yaitu dari produsen langsung
kepada konsumen. Dari segi organisasi dan pembagiannya juga tepat karena pekerjaan terbagi dan terstuktur sehingga
layanan menjadi primas sehingga dapat memuaskan para konsumen ataupun
pelanggan.
BAB
IX
SARAN
DAN SOLUSI
Saran dans solusi yang dapat diberikan
bagi perusahaan makanan khas tiwul ayu dan gatot ini adalah tambahan lebih
untuk membuka cabang baru agar dapat memudahkan dalam pelayanan jika konsumen
membludak agar antrian tidak terlalu panjang dan memudahkan para konsumen jika ingin menikmati makanan ini
tidak perlu bersusah payah karena tempat yang jauh.
Lebih menata marketingnya karena
semakin banyaknya usaha yang bergerak dalam bidang makanan khas sehingga tidak
tergeser oleh usaha yang sama dengan nama yang lain. Selain itu memberikan
variasi produk yang lebih inovativ lagi agar konsumen tidak merasa bosan akan
produk dengan rasa yang sama. Solusinya adalah menambah variasi rasa pada
produk olahan gaplek ini.
DAFTAR PUSTAKA
Kotler,Philip
& Keller, Kevin Lane.2009.Manajemen
Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta.Erlangga
Kotler,Philip
& Keller, Kevin Lane.2009.Manajemen
Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta.Erlangga
Halo,
BalasHapusPerkenalkan, Nama saya Wenny
Saya adalah development dari ForexMart, Kami melihat website anda dan kami ingin mendiskusikan kerjasama kemitraan dengan Anda.
Boleh saya minta kontaknya untuk menjelaskan lebih lanjut atau anda bisa langsung menghubungi saya ke wenny@forexmart.com, terimakasih
Salam ..... Harap Anda semua harus membaca apa yang saya katakan ....
BalasHapusBiarkan saya perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota Bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Yogyakarta.
Keinginan saya dan impian tertinggi saya adalah ingin memiliki bisnis atau toko sendiri, tetapi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda, mungkin butuh waktu yang sangat lama di mana biaya sewa dan anak-anak yang telah terakumulasi hanya akan lebih sulit dan jeritan panjang tidak akan terwujud
Saya mencoba "membuka internet dan saya melihat tulisan orang-orang sukses yang dibantu oleh seorang ulama dari sana saya mencoba untuk menghubunginya, pada awalnya saya terus mengirim sms sampai saya mendapat balasan dari perusahaan yang merupakan awal kesuksesan saya. Jika Anda ingintoget cara mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT DLL. melalui bantuan dalam menarik lebih banyak dana oleh ulama di kepala sekolah asrama shohibul Qur'an, dan akhirnya saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar utang, terima kasih Tuhan kepada Tuhan yang maha kuasa melalui bantuannya. Sekarang saya membuka usaha distribusi di Bandung.
Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Irlina Tuty Sartika untuk merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.
Hubungi ibu yang baik REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Silakan untuk penjelasan lebih rinci. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662
Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com.
Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan pinjaman yang sah ini Mrs. irlinatutysartika15@gmail.com
Anda tidak perlu ragu atau tertipu dan dikejar-kejar oleh hutang lagi, sekarang saya membagikan pengalaman yang saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.
kesaksian nyata dan kabar baik !!!
BalasHapusNama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan
Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar
Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda
untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com